Kamis, 19 Maret 2015

RUNNING MAN! Lebih dari kata 'TENAR' dan 'TERKENAL'

Running Man Member

Siapa yang gak tahu Running Man? Untuk para penggemar korea pasti tahu tentang variety show yang satu ini. Tayang perdana pada tahun 2010, hampir 5 tahun ini Running Man sudah mampu menyebarkan virusnya ke seluruh penjuru dunia.

Yang belum tahu apa itu Running Man, mari sedikit gue paparkan acara yang di gawangi oleh MC+Comedian—Yoo Jaesuk, Penyanyi—Kim Jong Kook, MC+Comedian—Jee Seok Jin, Rapper—Kang Gary, Penyanyi—Ha dong Hoon (Haha), Aktor—Lee Kwang Soo dan Aktris—Song Ji Hyo. Selain itu, AktorSong Joong Ki dan Member Girl Band After School—Lizzy juga pernah menjadi anggota Running Man di formasi awal.

Member Running Man Formasi Awal

Running Man adalah variety show yang mengharuskan para anggotanya menyelesaikan berbagai misi yang berbeda pada setiap episodenya. Jika judul dari acara ini di artikan maka memiliki arti Laki-laki yang berlari, meskipun ada anggota perempuan dalam formasinya. Ya, para anggota memang dituntut untuk berlomba secepat mungkin untuk menyelesaikan misi yang diberikan untuk mendapat petunjuk yang nantinya dapat membantu mereka di misi terakhir. Running Man juga sering mengundang guest atau bintang tamu bahkan hampir di setiap episodenya untuk meramaikan acara ini.

Selama mengudara, Running Man beberapa kali mengubah konsep games mereka. Awalnya, Running Man mempunyai konsep yang mengharuskan anggotanya ‘di tahan’ dalam gedung selama satu malam untuk menyelesaikan misi, dan bagi tim yang gagal menyelesaikan misi akan diberikan hukuman. Kemudian konsep Running Ball, yaitu bagi para anggota yang dapat menyelesaikan misi akan mendapatkan Running Ball dengan nama mereka yang akan di undi di akhir misi. Bagi anggota yang Running Ball bertuliskan namanya tidak keluar akan mendapatkan hukuman. Berbeda dengan hukuman sebelumnya, kali ini hukuman untuk para anggota dan guest adalah menggunakan hotpants dan berkeliling lokasi yang sudah ditentukan. Saat ini, konsep tersebut sudah tidak digunakan. Belakangan, konsep hukuman justru diganti dengan hadiah berupa uang ataupun emas untuk anggota yang dapat menyelesaikan misi paling cepat.

Misi Running Man episode 1

Untuk tema sendiri, Running Man termasuk acara yang sangat kreatif mengemas setiap games yang dimainkan. Temanya sendiri terkadang diadaptasi dari film atau drama korea maupun film luar korea. Sedangkan misi yang diberikan, Running Man sangat terkenal dengan misi Ripped Nametag.

Gue sendiri pertama kali nonton Running Man sekitar akhir tahun 2011, dan widi (temen kuliah gue) adalah orang yang pertama kali ngenalin gue dengan variety show ini. Awalnya, gue adalah salah satu orang yang dibilang anti...sih juga engga, tapi kurang menyukai hal yang berbau Korea gitu. Awalnya pun gue gak begitu tertarik sama acara ini, tapi karna anggotanya lucu-lucu dan games yang mereka mainin pun sangat menarik, jadilah gue mengikuti acara ini. Kegilaan gue makin menjadi saat dua sepupu gue yang notabene-nya emang k-popers banget juga nonton acara ini.

Oh ya, Running Man juga pernah datang ke Indonesia untuk tema Asian Dream Cup pada episode 200. Mereka juga menyelesaikan misi di Taman Safari, Bogor sebagai hukuman karna tidak dapat menyelesaikan misi saat ADC. Park Ji sung adalah guest special untuk setiap tema ADC. Sayangnya pada episode ini, tidak ada anggota yang melakukan misi Sky Diving di Indonesia, jika iya maka hal itu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dalam sejarah panjang Running Man.

Gue pribadi, sangat menikmati episode Running Man yang misinya sangat extreme. Bungee Jumping di Macau salah satunya. Dan Song Ji Hyo merupakan anggota yang tidak bisa di anggap enteng meskipun satu-satunya anggota perempuan di Running Man. Flying chair, Blob Jump, Loncat dari platform Kolam renang setinggi 10m, gue berharap juga bisa melakukan hal extreme itu. Hehehe...

Song Ji Hyo saat melakukan Bungee Jumping di Macau pada episode 133

Blob Jump, salah satu misi Running Man

Selain datang ke Indonesia saat ADC, Beberapa anggota Running Man juga pernah mengadakan Fan Meeting yang bertemakan Race Start Season 2 in Indonesia pada oktober 2014 lalu. Hanya saja, Yoo Jaesuk dan Kang Gary tidak bisa hadir karena pekerjaan lain. Sebagai penikmat acara ini, gue sangat berterima kasih sekaligus salute kepada para anggota Running Man dan staff yang rela melakukan serta membuat misi yang gak biasa SETIAP MINGGU untuk menghibur para penggemarnya. Hal ini membuat mereka pantas mendapatkan penghargaan lebih dari kata ‘TENAR’ ataupun ‘TERKENAL’ ataupun semacamnya.

Di episode 214, anggota Running Man juga membuat lagu yang ditujukan untuk para Runners (Fans Running Man) yang selalu mendukung mereka. Isi dari lirik lagu yang mereka ubah pun akan terasa mengharukan bagi orang yang terlibat secara emosional dengan acara ini. Salah satunya gue, hahaha :’)

Running Man Member saat menyanyikan lagu untuk para fansnya

Sebenernya gue masih mau menjabarkan satu per satu para anggota Running Man. Cuma karena postingan ini udah terlalu panjang, maka sampai ketemu di postingan Running Man part 2 ya hahaha. Jangan lupa buat nonton Running Man ya. Tayang setiap hari Minggu jam 19:17 KST atau jam 17:15 WIB. Caranya, bisa streaming atau download di kshownow setiap selasa atau bisa juga download raw version di idws, kaskus, dan blog yang udah bisa di unduh minggu malam. Eh iya, setiap sabtu dan minggu Rajawali Televisi (RTV) juga nayangin Running Man loh. Bye bye

DON'T WALK BUT RUN!
Sebagian foto di ambil dari sini

1 komentar: