Minggu, 08 Juli 2012

Review Revolvere Project (Fahd-Fiersa-Futih)




Kilas balik, sebuah cara untuk memperbaiki yang buruk. Yang baik menjadi lebih baik atau bahkan yang terbaik untuk menjadi sangat baik lagi. Bukankah sifat manusia, tidak pernah puas. :)
 
Revolvere Project, project hibrida sastra-musik-visual. Project ini mengajak pembacanya berinteraksi dan menikmati sebuah karya melalui rasa, mata, dan telinga sekaligus. Sulit untuk mencari kekurangan dari karya ini.



Yang pertama, Kau Yang Mengutuhkanku. Menikmatinya di sebuah ruangan kecil, meluruskan saraf-saraf otak yang menegang karena seharian terjebak dalam suasana ‘panas’. Namun, tak menghilangkan sensasi rasa yang diciptakan oleh video ini. WOW! Keren, pake banget.

Mengusung tema yang terjadi sehari-hari. Tentunya pembaca lebih bisa mengikuti alur dari video ini. Cinta, rindu, Ketulusan. Ah siapa yang tidak mau menjadi ‘pemeran’ dalam video itu. Memberikan kita keberanian untuk dapat juga menjalani hubungan yang sama, hubungan yang didasari ketulusan tanpa ada embel-embel dibelakangnya. Seperti kutipan yang ada dalam buku Yang Galau Yang Meracau. Kamu cantik, karena aku mencintaimu

Ada dua jenis kerinduan,” katamu suatu hari, “Kerinduan pertama tersebab kita pernah merasakan sesuatu dan kita menginginkannya kembali. Kerinduan kedua tersebab kita tak pernah mengalaminya dan benar-benar ingin merasakannya, setia menunggu dalam penantian yang lugu.

Tampilan visual dan alunan musik yang dibubuhi pada video ini sangat ‘kawin’ dengan rentetan kata yang begitu indah. Membawa pembaca masuk kedalam cerita dan ikut meresapinya.


Yang Kedua, Apologia Sebuah Nama. Berteman tissue yang berserakan di tempat tidur, video ini menghipnotis saya, mengingatkan kembali tentang seseorang yang sering di lupakan. Namun, hidup bukan untuk menyesali yang sudah terjadi kan? Seperti postingan Fahd, Berjalan.

Teruslah berjalan: Sebab satu-satunya cara untuk berusaha menjadi manusia yang lebih baik adalah dengan tidak berhenti mencobanya.

Mungkin bukan hanya saya saja yang terpana oleh karya visual, sastra dan musik yang di kemas secara elok ini. Percakapan yang berada di awal video, sedikitnya memberikan gambaran tentang tema yang diambil. Mengantarkan perasaan pada titik paling bawah untuk kemudian melunturkan semua kesombongan yang semu. Tentunya setiap manusia memiliki ‘detail’ ini; Sombong.

Dialah Ibumu. Nama suci yang diizinkan Tuhan untuk pertama kali kita ucapkan, jauh sebelum nama-nama-Nya. Nama yang merangkum cinta dari seluruh sejarah manusia. Perempuan yang tak pernah dicemburui Tuhan untuk dicintai manusia jauh mendahuluiNya: Sebab mencintainya, juga berarti mencintai-Nya.

Agak berbeda dengan video Revolvere sebelumnya, durasi dari video kedua ini lebih pendek. Namun tidak mengurangi esensi pesan yang ingin di komunikasikan kepada pembaca. Suara Fiersa yang membantu mengantarkan pada penghayatan lebih dalam pun serasi dengan visual yang disajikan oleh Futih. Keduanya berbicara dengan bahasa yang tidak bisa didefinisikan oleh kata-kata

.

Yang ketiga, Tentang Kita. Kali ini tema yang dibawa sejalan dengan bukunya, A cat In My Eyes. Sedikit terpingkal saat mengetahui pemeran Aku dalam video ini adalah seekor kucing yang persis dengan Kucing yang biasa main di rumah (saya), Marpueh. :D

Marpueh, Ibu dari 3 ekor anak.
Lagi-lagi pesan yang ingin disampaikan oleh Fahd-Fiersa-Futih sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari audience. “ih ceritanya gue banget,” mungkin itu yang akan terlontar saat melihat video mereka (Fahd-Fiersa-Futih).

Namun, dalam video ini saya merasakan adanya penurunan dibanding karya Revolvere Project sebelumnya. Bukan tidak suka, hanya saja feel yang saya dapatkan dari video ketiga ini tidak seperti yang didapatkan dari video sebelumnya. Mungkin kurang gereget kali ya.

Teks dalam video Tentang Kita terlalu cepat, sehingga pembaca kurang meresapi makna dari kalimat yang ada. Hal ini juga didukung oleh backsound dari video yang berrhytme cepat dan mendorong untuk membaca terburu-buru, sehingga pesan yang ingin disampaikan tidak seutuhnya bisa di serap pembaca. Selain itu, tidak seperti biasanya font yang digunakan sepertinya tidak menggunakan shadow. Meskipun begitu, video ini kaya akan makna. Walaupun ambigu diawal tetapi menyentuh.

Bagian yang paling saya suka dalam video kali ini adalah monolog ditengah video.
Cinta macam apa yang mengekang kebebasan? Cinta macam apa yang memisahkan ‘aku’ dari ‘kamu’? Cinta macam apa yang memposisikan ‘aku’ lebih tinggi dan berkuasa daripada ‘kamu’? Cinta macam apa yang tak sanggup menampung ketulusan dan keluasan makna dari kata ‘kita’

Sekian Kilas balik saya dalam pandangan subyektif tentang Revolvere Project. Seutuhnya saya sangat mengagumi karya-karya yang ada. Menginspirasi saya untuk membuat video serupa untuk salah satu tugas kuliah. Namun, tidak mampu menandingi ketiga video diatas. :)
Semoga suatu hari saya dapat berpartisipasi dalam video Revolvere Project. Terima Kasih.

87 komentar:

  1. ahaha.. marpueh bin rodemeh numpang mejeng yak tuh :D
    bagus sintoh reviewnya :)

    BalasHapus
  2. cweet...kata-katany.
    gw g bsa buffer video.. kuota gw abis
    tapi kata - kata ini :

    Cinta macam apa yang mengekang kebebasan? Cinta macam apa yang memisahkan ‘aku’ dari ‘kamu’? Cinta macam apa yang memposisikan ‘aku’ lebih tinggi dan berkuasa daripada ‘kamu’? Cinta macam apa yang tak sanggup menampung ketulusan dan keluasan makna dari kata ‘kita’?

    dan ini :

    Kamu cantik, karena aku mencintaimu.

    wow!... buat perasaan gw nganyut..:)

    BalasHapus
  3. Cupil: Marpueh mau jadi artis jekardah. hehehe, makasih. Mau banget A Cat In My Eyes-nya, nyari dari lama :D

    Nina: Baiklah, kapan kapan kan masih bisa liat :D
    iya kan, bagus kan. sering-sering aja berkunjung ke blog fahdisme.com, di jamin melted mulu :D

    BalasHapus
  4. yah lupa mempengaruhi nina, pinjemin nina galau meracau tuh nop. ahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar gue pinjemin dah semuanya, Rahim, YGYM, HBDM sama SMUM. kecuali A Cat In My Eyes sama Curhat Setan. ACIME gak punya, Curhat Setan di sekret orientasi ada tapi gatau punya siapa. hehehe

      Hapus
    2. mau dong baca yang "curhat setan"
      tertarik ama judul nih eke....

      Hapus
    3. Yang Galau Yang Meracau juga Curhat Setan kok. tapi kalo Curhat Setan yang itu gue ga punya nin.

      Hapus
    4. kenapa kalian semua suka curhat setan yang dibuku...

      langsung sajalah ke kuburan...

      nb : pinjemin ke nina ya jangan lupa. :)

      Hapus
    5. kalo gue sih mendingan ketemu lu nin, sama kayanya hehehehe *kabuuuuuur

      Hapus
  5. great review :)
    jadi penasaran sama videonya~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih wiwit :D
      Ayo gabung di fahdisme.com, postingannya di jamin gak ngecewain hehehe
      di lihat ya videonya hehehehe

      Hapus
  6. Mempercayai bahwa yang baik itu baik. Sepakat sama kalimat2 pembukanya. Nice review, kamu hebat! :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe, makasih ka novi :D
      sepakat juga, baik itu baik.

      Hapus
  7. sinta kereeeen ahaha ada marpuehnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih :D
      Marpueh kan mau terkenal kaya bimbim sama pretty kucingmu. hahaha

      Hapus
  8. Like this yooooo,Review Revolvere Project nya keren ihh,, ada marpuehnya haha

    Right in this word:
    "Dialah Ibumu. Nama suci yang diizinkan Tuhan untuk pertama kali kita ucapkan, jauh sebelum nama-nama-Nya. Nama yang merangkum cinta dari seluruh sejarah manusia. Perempuan yang tak pernah dicemburui Tuhan untuk dicintai manusia jauh mendahuluiNya: Sebab mencintainya, juga berarti mencintai-Nya."

    Keren;)(y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih yaaaaa :D
      sering-sering aja ngumpul di ruang tengah fahdisme.com
      di jamin postingannya lebih berkali kali lipat bikin hanyut :D

      Hapus
  9. sintaaaa ini sumpah menakjubkan bangeet. inspirasi banyak hal iniii. akuu terharuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih :)
      makanya di baca Yang Galau Yang Meracaunya. biar tambah menginspirasi lagi :)
      sering sering juga ngumpul di ruang tengah fahdisme.com, nanti kita berbagi semangat disana :D

      Hapus
  10. اعتقد انه جيد جدا. *gue udah komen nih*

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukron ya akhi.
      اعتقد انه جيد جدا artinya apa tuh Yoman Hercules?

      Hapus
    2. seribu jempol buat quote yg ini "Sebab satu-satunya cara untuk berusaha menjadi manusia yang lebih baik adalah dengan tidak berhenti mencobanya". saya sangat setuju.. mungkin saya hanya sedikit mau nambahin.. dalam berusaha mengejar segala impian, jangan katakan 'Kenapa?', tapi katakan saja 'Kenapa tidak?' :D

      Hapus
    3. me too. hehehe
      baiklah, like this juga buat tambahannya. "Kenapa tidak?" (y)

      Hapus
  11. Dwi Widia Yuliani14 Juli 2012 pukul 16.35

    "Dialah Ibumu. Nama suci yang diizinkan Tuhan untuk pertama kali kita ucapkan, jauh sebelum nama-nama-Nya. Nama yang merangkum cinta dari seluruh sejarah manusia. Perempuan yang tak pernah dicemburui Tuhan untuk dicintai manusia jauh mendahuluiNya: Sebab mencintainya, juga berarti mencintai-Nya."
    wow!

    BalasHapus
  12. クール :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. arigatou ntik sulastri-san.
      クール artinye ape tuh?
      sedikit bisanya hiragana sama romaji doang nih. Katakana dikit doang nih. hehehe

      Hapus
    2. sama-sama opi-san.
      kalo bahasa inggrisnya cool..
      nah.. bahasa indonesianya dingin. haha

      gue udah liat fahdisme.com, dia クール juga :D

      Hapus
    3. ooooh cool. ahahaha
      asik deh yang udah jadi followers fahdisme :D

      Hapus
  13. keren taaaaa (y) :)

    BalasHapus
  14. waw, permulaan yang baggus sin

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiiiiin, eh tapi permulaan buat apaan nih li?

      Hapus
    2. ali memang selalu begitu ka, di maklumi. otaknya aja gak lengkap *eh
      ketinggalan di solo kali ka, hehehe
      *peace li*

      Hapus
  15. *baca* wuih keren okeoke
    *kebawah* wih kepo nih kayaknya videonya keren
    *makin kebawah* MARPUEH !! ASTAGFIR !!
    HAHAHA TAPI ASLI KEREN REVIEW NYA KAK ! SUCCES !

    BalasHapus
    Balasan
    1. aiiiiiih, mangstap dhe. komentarnya kayanya lebih fenomenal nih hehehe
      marpueh kan pengen jadi artis ibukota yang dikenal semua kalangan hahahahai

      Hapus
  16. bagus ka lucu ada marpueh nya .
    cba ada anak" nya juga si pupu pepe popo
    hahahaha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gitu semuanya aja aku masukin. momon, toyib, pinoi, mamot nanti jadi rame deh review aku ahaha

      Hapus
  17. Review yang mengantarkan pada introspeksi diri. semoga

    BalasHapus
  18. keren, "cinta yang bagaimana yang mengekang kebebasan"
    kata2 nya renyah untuk dibaca siang nan panas kaya gini..
    oke okeee okee bangeeett :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik dah, asal jangan sambil makan somay sama berentiin tukang es doger aja ya. puasa :p
      makasih :D

      Hapus
  19. “Kerinduan pertama tersebab kita pernah merasakan sesuatu dan kita menginginkannya kembali. Kerinduan kedua tersebab kita tak pernah mengalaminya dan benar-benar ingin merasakannya, setia menunggu dalam penantian yang lugu.”

    kata-kata yg ini jleb yah. karna gue akan merasakan merindukan seseorang dalam jangka waktu yg cukup lama.
    ciaaaaah aahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. cieee, susah deh ya yang mau ditinggal ke belanda. setahun doang feb, cepet :D
      dan buat ketinggalannya, makasih yaaa :*

      Hapus
  20. oh iyaa ketinggalan, artikel ini sangat memberi inspirasi :)

    BalasHapus
  21. semoga dapet a cat in my aeyes nya biar bisa minjem, ehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin, amiiiin. hahahaha ayo ikutan ngereview, siapa tau lu yang dapet. kan gue bisa minjem nanti :D

      Hapus
  22. Cinta macam apa yang tak sanggup menampung ketulusan dan keluasan makna dari kata ‘kita’?

    suka sama kutiban yang itu :)

    BalasHapus
  23. inspiratif sekali ...
    insan manusia yang membutuhkan "cinta" di setiap jalan hidupnya

    Follback and see my blog...

    Ngabuburit by blogwalking. Cara unik menahan lapar dan haus selama berpuasa ^ ^

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih :D
      baiklah, nanti di folbek dan mampir :)

      Hapus
  24. baguss shinta tulisannya si Marpueh juga masuk :D
    bagus, keren, inspiratif :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe, makasih vina :D
      makasih ya udah berkunjung :)

      Hapus
  25. review yang bermanfaat, revolvere-nya keren-keren apalagi yang tentang Ibu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih Dijeh :*
      sering sering mampir ke fahdisme.com, si widi sm upi udah kecanduan kayanya, hehe
      sampaikan salamku pada ibumu, ibu acih cepet sembuh :D
      jangan lupa aa dika juga. aiiih, hahaha *tetep modus*

      Hapus
  26. REVIEWnya keren,sekeren tulisannya fad.
    dr awal baca udah nagih mkin kebawah makin penasaran..
    salutt..dan endingnya NICE.:)terusin ya bakat nulisnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe, makasih ya kakak :D
      Jangan lupa buat ngunjungin fahdisme.com ka, biar tambah melting lagi. ahaha
      aku belum bisa nandingin master "AHA moment" itu ka, masih harus banyak banyak belajar :D

      Hapus
  27. Haa setelah ini mendambakan ACIME bs di bedah sama2 dan akhrnya bisa di review kyk gini haha semogaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga amiiiin
      pertama, harus ada bukunya dulu.
      kedua, harus dibaca dulu.
      ketiga, baru bisa di bedah.
      terakhir baru bisa di review deh ahahahaha
      kendalanya no.1 dan 2 ka :p

      Hapus
    2. hahahaha, going the extra miles ya ka :D
      *sampe maksa-maksa*

      Hapus
  28. Four thumbs up tante! *angkat jempol kaki*
    Keren keren !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih tanteeeeee :D
      makasih juga atas kunjungannya, hehehe
      sekalian, mampir di fahdisme.com kapan kapan tante :)

      Hapus
  29. Four thumbs up tante! *angkat jempol kaki*
    Keren keren !!

    BalasHapus
  30. akhirnyaaa ketemu :)
    engga nyesel dengan susah payah cari-cari review ini. keren sinjo reviewnya. kata-katanya oke :)
    tapi pensaran sama videonya sin :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaampun diniiii, terima kasih banget loh perjuangannya nyari review ini :*
      ayolah di tonton videonya :D

      Hapus
  31. Suci Fitriani / Uchie :)22 Juli 2012 pukul 13.49

    sinto kata kata ini w suka banget

    Cinta macam apa yang mengekang kebebasan? Cinta macam apa yang memisahkan ‘aku’ dari ‘kamu’? Cinta macam apa yang memposisikan ‘aku’ lebih tinggi dan berkuasa daripada ‘kamu’? Cinta macam apa yang tak sanggup menampung ketulusan dan keluasan makna dari kata ‘kita’?

    marpueh kucingnya exis juga ya ? assooooyyy momon kenapa ga sekalian d tenarin sinto :D

    good job sinto lanjtukan lah... hidup moster hhahhahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe, gue juga suka kata-kata itu chi :)
      iya dong, pueh (nama panggilan Marpueh) mau terkenal juga. kalo Momon, monyetku sayng sudah cukup terkenal. setaralah sama Andrew Garfield >.<
      Makasih ya uchie. eh tapi apa apaan itu monster -_-

      Hapus
  32. bagussss sinta......
    kamu lebih bisa mendalami maknanya ya, gak melulu dari estetika visual.

    lanjutkan yaaa...
    :)
    kagum deh sama kamuuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, ini ade.

      Hapus
    2. adeeee, makasih banget ya. aku juga kagum sama kamu :D

      Hapus
  33. sinta kan pinter sastra,,ajarin nita sastra ya..

    heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaaah nita bisa aja memuji. belajar bareng ya tentang sastra :D
      newbie juga ehehe
      makasih ya nita

      Hapus
  34. widiiih, udah banyak gini yang komen. Bingung mau komen apaan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. azka, name kamu itu loh. yaampun -_-
      mana komennya, mana kakak senior?

      Hapus
  35. Suka deh sama review dan videonya. Kaget juga gue pas tau yang "tentang kita" itu ternyata kucing :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, gak terduga ya :D
      Makasih ya isti sudah berkunjung :)

      Hapus
  36. Keren Sinjooo..

    Buku Curhat Setan yg di sekret itu punya gw, cuma ga tau siapa yg terakhir minjem :(

    Temen gw ada yg punya A Cat in My Eyes.. Dia mesen gitu,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini kak rizky yak, ahahah

      Hapus
    2. ihiiiy, makasih Kari :D
      iya? mana tuh bukunya, waktu mau baca di serobot Abror -_-
      Mau dong ikutan mesen kak, dimana?

      Astaga Rodemeh, jangan menyebar virus disini dong. cukup di postingan akhir Juli itu -_-
      bahaya kalo yang komen kena virus Rodemeh hahahaa

      Hapus
  37. weeeeee seru seru terpesona dengan katakatanya dan kritikannya,"Cinta macam apa yang mengekang kebebasan? Cinta macam apa yang memisahkan ‘aku’ dari ‘kamu’? Cinta macam apa yang memposisikan ‘aku’ lebih tinggi dan berkuasa daripada ‘kamu’? Cinta macam apa yang tak sanggup menampung ketulusan dan keluasan makna dari kata ‘kita’?"
    apalgi dibumbui lelucon nama kucing "Marpueh" .

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik deh, yang soulmate-an sama marpueh.
      ahahahha, makasih oweng :*

      Hapus
    2. Rizkia Zahara Putri6 Agustus 2012 pukul 21.58

      hahahaha...
      kalau ada kumpulannya marpueh boleh itu ikut ..
      :*marpueh

      Hapus
    3. hastagaaaah, satu lagi nih yang kena virus rodemehisme -_-"

      Hapus